ANALISIS M-EDUKASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR
M-edukasi atau mobile edukasi yaitu
salah satu web sumber belajar yang diliris oleh Badan Pengembang Multimedia
Pendidikan (BPMP) salah satu unit pelaksana teknis yang berada di bawah Pusat
Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional
dalam naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.M-edukasi memiliki selogan
Belajar Cepat Tanpa Sekat artinya memberikan peluang dan kesempatan bagi siapa
saja yang ingin belajar mencari ilmu dengan efektif dan efisien. BPMP berdiri
pada tahun 2012 menurut Permendikbud No 22 Tahun 2012.
BPMP terletak di Jl. Lamongan Tengah, Bendan Ngisor, Semarang.
BPMP terletak di Jl. Lamongan Tengah, Bendan Ngisor, Semarang.
BPMP
memiliki tugas melaksanakan pengembangan multimedia dan fasilitasi pengembangan
multimedia untuk pendidikan. Memiliki visi "Terselenggaranya layanan prima
pendidikan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi berbasis
multimedia pembelajaran". Sedangkan missi BPMP adalah Memproduksi
multimedia pembelajaran guna meningkatkan ketersediaan bahan ajar multimedia
untuk pendidikan, Membuat portal pendidikan untuk melayani peserta didik di
daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh pelayanan pendidikan konvensional,
Mengembangkan model multimedia pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan
kualitas dan relevansi pendidikan di sekolah, Mengkaji dan merancang model
multimedia pembelajaran, Mengelola sarana, prasarana dan bahan multimedia
pembelajaran untuk menjamin/memastikan peserta didik dapat memanfaatkan
program-program multimedia pembelajaran.
Tahun
2009 BPMP memproduksi program multimedia dengan format mobile learning yang
diberi nama Mobile Edukasi. M-edukasi ini dapat diakses dalam halaman web
dengan alamat http://m-edukasi.kemdikbud.go.id.
M-edukasi dikembangkan sebagai media pembelajaran mandiri yang efisien dan
efektif. M-edukasi memberikan fasilitas Aplikasi Mobile Learning (AMO),
Aplikasi Tryout Ujian Nasional (ATUN) dan Aplikasi Teaching Aids (ATA). Dalam
m-edukasi memiliki 8 konten yang dapat kita gunakan yaitu Depan, Konten Mobile,
Konten m-Kit Guru, ATUN, lomba Mobile Edukasi, Artikel, FAQ dan Untuk Anda.
Dengan mengklik konten Depan kita
dapat memilih untuk melihat Pertama profil BPMP yaitu berisi tentang sejarah
terbentuknya, visi, misi, dan tugas dari BPMP. Kedua berita BPMP yaitu memuat
tentang berita-berita baik dari BPMP , tentang teknologi dan berita terkini.
Ketiga galeri BPMP termuat foto-foto dari kegiatan BPMP itu sendiri. Keempat
karya lain BPMP berisikan karya-karya yang termuat dalam Badan Pengembang
Multimedia Pendidikan tentang program multimedia online. Karya-karya tersebut
dapat dijadikan untuk panduan dan contoh kita mengembangkan kemampuan membuat
sebuah karya berbasis multimedia.
Konten
m-Kit Guru adalah program yang dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu
ajar sesuai materi yang diinginkan. Materi ini disajikan dengan pengertian,
karakteristik, serta proses. Materi disajikan dalam bentuk animasi, video,
audio dan gambar/photo. Program ini juga dilengkapi dengan media penyerta
berupa game multimedia dan game-game konstruktif yang memfasilitasi guru dalam
mengajarkan materi sesuai dengan tema tersebut. Setelah mendownload materi yang
diinginkan diharapakan guru dalam menyampaikan materi dapat dengan mudah
dipahami oleh peserta didik. ATUN adalah Aplikasi sarana untuk tryout Ujian
Nasional SMA. Selain tryout juga terdapat latihan soal dan penjelasannya. Web
ini sebenarnya di desain untuk perangkat handphone dan dapat diacces langsung
dengan alamat http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id.
Konten
Mobile terdiri dari semua konten, konten PAUD, konten biologi, konten fisika,
konten matematika, konten bahasa indonesia, konten bahasa inggris, konten
teknik elektro, konten TK jaringan, konten tutorial, konten simulasi dan konten
games. Semua hal itu dapat digunakan untuk melihat dan memberikan pengetahuan
tentang program-program sesuai dengan konten yang dipilih. Memberikan wawasan
tentang tutorial mengenai hal-hal yang ingin diketahui lebih dalam serta dapat
membantu melaksanakan pembelajaran bagi peserta didik.
M-edukasi juga menyediakan
perlombaan yang dapat diikuti secara umum. Lomba ini bertujuan untuk mengajak
masyarakat khususnya siswa dan guru untuk ikut berperan mengembangkan bahan
ajar multimedia. Dalam konten Lomba Mobile Edukasi juga berisi bahan ajar, aplikasi
yang pernah diperlombakan. Artikel yang termuat dalam m-edukasi ini ada tiga
macam yaitu artikel acak, terbaru dan terpopuler. Kita dapat memilih artikel
sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Artikel ini dibuat dengan tujuan
supaya memudahkan masyarakat khususnya siswa untuk dapat memahami
pengetahuan-pengetahuan yang mungkin tidak diajarkan oleh gurunya, memberi
tambahan wawasan tentang kemajuan teknologi di dunia ini. Contoh atikel yang
terdapat di m-edukasi yaitu Handphone, media yang perlu disiasati Penulis : Jordan Andrean, CCNA ,
OCCA , OSCP, Pemanfaatan Konten m-edukasi.net Untuk Belajar
Mandiri .
Penulis : Toni
Setyawan, ST, dan Mengenalkan komputer dengan File SWF Penulis : Toni Setyawan, Indaryanto dan
Nugroho Purwo Utomo serta masih banyak
lagi. Dalam
m-edukasi ini juga menyediakan layanan FAQ dan Untuk Anda, fasilitas ini
digunakan untuk melakukan tanya jawab, memberikan pendapat, dan pengumuman.
Kelebihan
dari web sumber belajar ini adalah dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam
belajar, memberikan wawasan dan pengetahuan terkini. Dalam m-edukasi juga
terdapat banyak fitur-fitur yang dapat digunakan, web ini baik untuk menunjang
pendidikan, serta memberikan dampak positif. Kelemahan dalam web sumber belajar
ini tidak adanya pengelompokan materi khusus untuk SD, SMP, SMA, dan Perguruan
tinggi semua dikelola secara umum dan menjadi satu. Saran untuk web sumber
belajar m-edukasi semoga menjadi web sumber belajar yang lebih baik lagi serta
ditambah koleksi-koleksi artikel-artikel terkini. M-edukasi baik digunakan
untuk panduan belajar mandiri.
good
BalasHapus