Selasa, 13 Oktober 2015

M-EDUKASI SEBAGAI WEB SUMBER BELAJAR


ANALISIS M-EDUKASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR


M-edukasi atau mobile edukasi yaitu salah satu web sumber belajar yang diliris oleh Badan Pengembang Multimedia Pendidikan (BPMP) salah satu unit pelaksana teknis yang berada di bawah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional dalam naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.M-edukasi memiliki selogan Belajar Cepat Tanpa Sekat artinya memberikan peluang dan kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar mencari ilmu dengan efektif dan efisien. BPMP berdiri pada tahun 2012 menurut Permendikbud No 22 Tahun 2012.
BPMP terletak di Jl. Lamongan Tengah, Bendan Ngisor, Semarang.
            BPMP memiliki tugas melaksanakan pengembangan multimedia dan fasilitasi pengembangan multimedia untuk pendidikan. Memiliki visi "Terselenggaranya layanan prima pendidikan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi berbasis multimedia pembelajaran". Sedangkan missi BPMP adalah Memproduksi multimedia pembelajaran guna meningkatkan ketersediaan bahan ajar multimedia untuk pendidikan, Membuat portal pendidikan untuk melayani peserta didik di daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh pelayanan pendidikan konvensional, Mengembangkan model multimedia pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan di sekolah, Mengkaji dan merancang model multimedia pembelajaran, Mengelola sarana, prasarana dan bahan multimedia pembelajaran untuk menjamin/memastikan peserta didik dapat memanfaatkan program-program multimedia pembelajaran.
Tahun 2009 BPMP memproduksi program multimedia dengan format mobile learning yang diberi nama Mobile Edukasi. M-edukasi ini dapat diakses dalam halaman web dengan alamat http://m-edukasi.kemdikbud.go.id. M-edukasi dikembangkan sebagai media pembelajaran mandiri yang efisien dan efektif. M-edukasi memberikan fasilitas Aplikasi Mobile Learning (AMO), Aplikasi Tryout Ujian Nasional (ATUN) dan Aplikasi Teaching Aids (ATA). Dalam m-edukasi memiliki 8 konten yang dapat kita gunakan yaitu Depan, Konten Mobile, Konten m-Kit Guru, ATUN, lomba Mobile Edukasi, Artikel, FAQ dan Untuk Anda.
            Dengan mengklik konten Depan kita dapat memilih untuk melihat Pertama profil BPMP yaitu berisi tentang sejarah terbentuknya, visi, misi, dan tugas dari BPMP. Kedua berita BPMP yaitu memuat tentang berita-berita baik dari BPMP , tentang teknologi dan berita terkini. Ketiga galeri BPMP termuat foto-foto dari kegiatan BPMP itu sendiri. Keempat karya lain BPMP berisikan karya-karya yang termuat dalam Badan Pengembang Multimedia Pendidikan tentang program multimedia online. Karya-karya tersebut dapat dijadikan untuk panduan dan contoh kita mengembangkan kemampuan membuat sebuah karya berbasis multimedia.
            Konten m-Kit Guru adalah program yang dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu ajar sesuai materi yang diinginkan. Materi ini disajikan dengan pengertian, karakteristik, serta proses. Materi disajikan dalam bentuk animasi, video, audio dan gambar/photo. Program ini juga dilengkapi dengan media penyerta berupa game multimedia dan game-game konstruktif yang memfasilitasi guru dalam mengajarkan materi sesuai dengan tema tersebut. Setelah mendownload materi yang diinginkan diharapakan guru dalam menyampaikan materi dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. ATUN adalah Aplikasi sarana untuk tryout Ujian Nasional SMA. Selain tryout juga terdapat latihan soal dan penjelasannya. Web ini sebenarnya di desain untuk perangkat handphone dan dapat diacces langsung dengan alamat  http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id.
                Konten Mobile terdiri dari semua konten, konten PAUD, konten biologi, konten fisika, konten matematika, konten bahasa indonesia, konten bahasa inggris, konten teknik elektro, konten TK jaringan, konten tutorial, konten simulasi dan konten games. Semua hal itu dapat digunakan untuk melihat dan memberikan pengetahuan tentang program-program sesuai dengan konten yang dipilih. Memberikan wawasan tentang tutorial mengenai hal-hal yang ingin diketahui lebih dalam serta dapat membantu melaksanakan pembelajaran bagi peserta didik.
            M-edukasi juga menyediakan perlombaan yang dapat diikuti secara umum. Lomba ini bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk ikut berperan mengembangkan bahan ajar multimedia. Dalam konten Lomba Mobile Edukasi juga berisi bahan ajar, aplikasi yang pernah diperlombakan. Artikel yang termuat dalam m-edukasi ini ada tiga macam yaitu artikel acak, terbaru dan terpopuler. Kita dapat memilih artikel sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Artikel ini dibuat dengan tujuan supaya memudahkan masyarakat khususnya siswa untuk dapat memahami pengetahuan-pengetahuan yang mungkin tidak diajarkan oleh gurunya, memberi tambahan wawasan tentang kemajuan teknologi di dunia ini. Contoh atikel yang terdapat di m-edukasi yaitu Handphone, media yang perlu disiasati Penulis : Jordan Andrean, CCNA , OCCA , OSCP, Pemanfaatan Konten m-edukasi.net Untuk Belajar Mandiri . Penulis : Toni Setyawan, ST, dan Mengenalkan komputer dengan File SWF  Penulis : Toni Setyawan, Indaryanto dan Nugroho Purwo Utomo  serta masih banyak lagi. Dalam m-edukasi ini juga menyediakan layanan FAQ dan Untuk Anda, fasilitas ini digunakan untuk melakukan tanya jawab, memberikan pendapat, dan pengumuman.
            Kelebihan dari web sumber belajar ini adalah dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar, memberikan wawasan dan pengetahuan terkini. Dalam m-edukasi juga terdapat banyak fitur-fitur yang dapat digunakan, web ini baik untuk menunjang pendidikan, serta memberikan dampak positif. Kelemahan dalam web sumber belajar ini tidak adanya pengelompokan materi khusus untuk SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi semua dikelola secara umum dan menjadi satu. Saran untuk web sumber belajar m-edukasi semoga menjadi web sumber belajar yang lebih baik lagi serta ditambah koleksi-koleksi artikel-artikel terkini. M-edukasi baik digunakan untuk panduan belajar mandiri.

1 komentar: